Home BPJS Cara Mudah Mendapatkan Jatah Kacamata Bpjs

Cara Mudah Mendapatkan Jatah Kacamata Bpjs

5 min read
0

Berawal dari iseng-iseng membaca artikel di salah satu blog, isi dari artikel tersebut sedang memuat tentang pelayanan Bpjs kesehatan. Setelah saya selesai membaca semua isi artikel tersebut, ada satu bagian yang membuat saya  penasaran yaitu tentang informasi klaim kacamata Bpjs. Kebetulan waktu itu kacamata saya sudah waktunya ganti lensa.

Beberapa hari kemudian saya lewat di depan optik dan saya melihat ada papan nama optik tersebut yang bertuliskan ” MELAYANI PEMBELIAN DENGAN BPJS ” kemudian saya berhenti dan bertanya langsung ke petugas penjaga optik maksud dari tulisan di papan nama tersebut seperti apa? kemudian penjaga optik tersebut menjelaskan kalau optik  ini bekerjasama dengan bpjs, dengan syarat dan ketentuan antara lain:

  • Syarat klaim bpjs yaitu dengan membawa resep dokter yang sudah di legalisir oleh pihak Bpjs kesehatan.
  • Berdasarkan ketentuan yang telah di sepakati pembelian kacamata dengan bpjs kesehatan bisa di lakukan 2 tahun sekali, lensa yang di jamin Bpjs kesehatan untuk lensa spheris dengan ukuran 0.5 dioptri sedangkan lensa silindris 0.25 dioptri.
  • Besaran harga yang di taggung Bpjs kesehatan sesuai dengan kelas masing masing, untuk peserta bpjs kelas 1 sebesar Rp 150.000, kelas 2 sebesar Rp 200.000, sedangkan kelas 3 sebesar Rp 300.000

Setelah mendapat penjelasan dari penjaga optik tersebut keesokan harinya saya langsung bergegas ke faskes 1 dan meminta surat rujukan untuk ke faskes ke 2 ( rumah sakit ). Syarat yang di butuhkan saat minta surat rujukan kita cukup membawa Ktp dan kartu Bpjs kesehatan.

Bagi teman – teman yang kebetulan tempat tinggalnya berbeda dengan alamat di ktp teman – teman tetap bisa di layani, dengan catatan sebelum datang ke faskes 1 teman – teman minta surat rekomendasi dari kantor Bpjs kesehatan terdekat.

Sesampainya di faskes 2 atau rumah sakit terlebih dahulu saya mengambil antrian loket pendaftaran, tak berlangsung lama kemudian oleh petugas loket pendaftaran saya di arahkan ke poli mata. Nah biasanya pada saat seperti ini kesabaran kita benar – benar di uji, maklum namanya rumah sakit setiap hari pasti banyak pasien yang antri. Dua jam kemudian saya dapat giliran masuk untuk pemeriksaan dan mendapatkan resep dari dokter.

Setelah selesai pemeriksaan mata dan kita sudah mendapatkan resep, selanjutnya saya di arahkan ke kantor bpjs yang ada di rumah sakit tersebut untuk di legalisir. Pada tahap ini kebetulan sekali saya tidak perlu antri karena waktu itu pas menjelang jam istirahat. Pada akhirnya resep sudah di legalisir tandanya perjuangan saya untuk mendapatkan kacamata baru tinggal satu langkah lagi berhasil.

Begitu saya sudah mendapatkan resep tadi saya mencoba masuk beberapa optik untuk perbandingan harga, karena saya yakin di setiap optik mempunyai penawaran soal harga yang berbeda – beda. Saran saya sebelum datang ke optik anda sudah membawa foto copy KTP dan kartu BPJS agar bisa selesai sekali jalan. Setelah melalui proses selama 1 jam akhirnya kacamata baru saya sudah bisa saya bawa pulang.

Demikian pengalaman saya tentang  Cara Mudah Mendapatkan Jatah Kacamata Bpjs . Semoga bermanfaat bagi Saudara..

 

 

 

 

Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *