Home BPJS Cara Klaim Bpjs Kesehatan Melahirkan

Cara Klaim Bpjs Kesehatan Melahirkan

4 min read
0
Cara Klaim Bpjs Kesehatan Melahirkan

Bagi anda seorang ibu yang sedang hamil dan kebetulan sudah terdaftar menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan ( BPJS ), tahukah anda jika pemeriksaan kandungan, persalinan baik secara normal maupun caesar di tanggung BPJS loh.

Ayo silahkan manfaatkan dengan sebaik baiknya fasilitas yang telah di sediakan BPJS ini, bagi yang belum tahu Cara Klaim Bpjs Kesehatan Melahirkan terkesan ribet dan rumit pengurusanya. Agar tidak terkesan rumit dalam pengurusan klaim BPJS kesehatan, kita harus benar-benar paham apa saja prosedur pengurusan klaim BPJS kesehatan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana Cara Klaim Bpjs Kesehatan Melahirkan, seperti apa saja caranya silahkan simak uraian di bawah ini:

Prosedur persalinan menggunakan kartu Bpjs kesehtan :

  1. Anda bisa memeriksakan atau memonitor perkembangan ibu dan kandungan di faskes 1, umumnya di faskes 1 tidak di lengkapi dengan layanan USG. Apabila anda menghendaki USG anda bisa meminta surat rujukan ke Rumah sakit.
  2. Surat rujukan ini berlaku selama 1 bulan dan bisa di gunakan sebanyak 3 kali pemeriksaan, jadi bisa anda gunakan untuk pemeriksaan sebanyak 3 kali ke Rumah sakit tanpa harus ke faskes 1 terlebih dahulu.
  3. Di Rumah sakit selain mendapatkan layanan USG, anda juga bisa meminta obat atau vitamin yang anda butuhkan. semua akan di tanggung pihak BPJS kesehatan.
  4. Dengan ketentuan pemeriksaan pertama layanan USG dan obat seluruhnya di tanggung BPJS kesehatan, sedangkan pemeriksaan kedua dan ke tiga hanya biaya dokter yang akan di tanggung BPJS ( pemeriksaan USG dan obat anda sendiri yang bayar ).
  5. proses persalinan normal akan di prioritaskan di faskes 1, apabila faskes 1 tidak mempunyai layanan persalinan maka anda akan di rujuk ke faskes 2 atau Rumah sakit.

Cara mendapatkan surat rujukan :

  • Silahkan datang ke faskes 1 dengan membawa kartu BPJS dan KTP.
  • Di loket pendaftaran bilang saja ke petugas kalau minta surat rujukan.
  • Setelah di periksa anda akan dibuatkan surat rujukan ke Rumah sakit.

Persyaratan dokumen yang di butuhkan saat ke Rumah sakit :

  1. Kartu BPJS kesehatan.
  2. Kartu tanda penduduk ( KTP ) yang masih berlaku.
  3. Kartu keluarga ( KK ).
  4. Buku kesehatan atau buku pemeriksaan ibu dan bayi.
  5. Surat rujukan dari faskes 1.

Cara melahirkan di Rumah sakit dengan menggunakan BPJS kesehatan :

  • Silahkan mendaftar dahulu di loket pendaftaran.
  • Kemudian semua dokumen akan di minta.
  • Selanjutnya anda akan di arahkan ke poli kebidanan.
  • Apabila sudah selesai proses pemeriksaan atau persalinan anda akan di arahkan ke kantor BPJS yang ada wilayah Rumah skit untuk melapor.

Jika ibu hamil datang dengan kondisi darurat, maka surat rujukan tidak di perlukan. Ibu hamil bisa langsung menuju di bagian emergency kebidanan, ibu hamil yang datang dalam keadaan darurat tetap akan di layani sebagai peserta BPJS.

 

 

Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *