Home BPJS Cara Cek Saldo Jht Lewat Online Yang Mudah Dan Cepat

Cara Cek Saldo Jht Lewat Online Yang Mudah Dan Cepat

5 min read
0

Apakah anda termasuk seorang karyawan di sebuah perusahaan?? apabila termasuk sebagai karyawan, sudahkah anda terdaftar sebagai peserta Bpjs ketenagakerjaan atau Bpjs kesehtan?? Apabila anda belum terdaftar sebagai peserta Bpjs, silahkan konfirmasi ke perusahaan tempat anda bekerja. karena sesuai dengan UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS / Jamsostek, setiap perusahaan wajib mendaftarkan seluruh karyawannya.

Bagi anda yang menjadi peserta Bpjs ketenagakerjaan / Jaminan hari tua ( JHT bpjs ) di jaman yang serba internet ini anda tidak perlu repot datang lagi ke kantor bpjs hanya untuk mengecek saldo anda, karena pihak bpjs sudah memberi kemudahan yaitu dengan layanan cek saldo secara online dan cek saldo via sms melalui nomor handphone anda.

Sebelum adanya layanan ini pada umumnya kita mendapat informasi berapa jumlah saldo Bpjs ketenagakerjaan  hanya melalui perusahaan yang di kirim oleh pihak Bpjs itupun hanya setahun sekali. Dengan adanya layanan ini selain memudahkan peserta bpjs ketenagakerjaan untuk cek saldo, Sekaligus anda bisa mengetahui seberapa tertib perusahaan tempat anda bekerja dalam hal pembayaran iuran Bpjs ketenagakerjaan.

Sudah tahukah anda tentang besarnya iuran Bpjs ketenagakerjaan???

Sitiap karyawan wajib tahu bahwa besarnya iuran peserta Bpjs ketenagakerjaan tahun 2017 bagi penerima upah adalah sebesar 9,24 % – 10,74 % dari upah. Dengan ketentuan 6,24 % – 7,74 % di bayar oleh perusahaan atau pemberi pekerjaan, dan yang 3 % di bayar oleh pekerja dengan rincian  sebagai berikut :

  • Program Jaminan kecelakaan (JKK) : Besarnya iuran 0,24 % – 1,74 %, premi ini di bayar oleh si pemberi kerja dengan besaran tarif di seseuaikan dengan tingak resiko kerja.
  • Program jaminan hari tua ( JHT ) : Besarnya iuran 5,7 % dari upah, dengan ketentuan 3,7 % di bayar oleh pemberi kerja, sedangkan 2 % di bayar oleh pekerja.
  • Program jaminan kematian ( JKM ) : Besarnya iuran 0,3 % dari upah, premi di bayar oleh si pemberi pekerjaan.
  • Program jaminan pensiun ( JP ) : Besarnya iuran 3 % dari upah, dengan ketentuan 2 % di bayar oleh si pemberi kerja sedangkan 1 % di bayar oleh pekerja.

Cara cek saldo Bpjs ketenagakerjaan via online :

  1. Silahkan login : https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja
  2. Apabila anda belum terdaftar silahkan registrasi dahulu, isilah formulir registrasi dengan lengkap dan benar. Untuk konfirmasi persetujuan mengenai ketentuan umum Bpjs ketenagakerjaan mak silahkan klik centang setelah itu klik submit data
  3. Silahkan lihat e-mail untuk konfirmasi aktifasi
  4. Silahkan kembali ke login website Bpjs ketenagakerjaan
  5. Setelah itu klik saldo JHT
  6. Pilih KPJ Bpjs ketenagakerjaan kemudian klik submit
  7.  Maka jumlah saldo anda akan tampil secara otomatis di layar

Apabila anda merasa kesulitan cek saldo via online, sebaiknya anda menggunakan layanan cek saldo via sms. Saya rasa cara ini mudah dan paling efektif.

Cara cek saldo Bpjs ketenagakerjaan via sms :

1. Silahkan anda registrasi terlebih dahulu dengan cara :

Ketik : DAFTAR (spasi) SALDO#Nomor KTP#NAMA#Tanggal lahir#Nomor Peserta BPJS, kirim sms ke 2757

Contoh : DAFTAR SALDO#012345678923#SURO LONO#01-01-2001#12000077773

2. Apabila anda sudah berhasil registrasi silahkan cek saldo anda dengan cara :

Ketik : SALDO(spasi)NOMOR PESERTA, kirim sms ke 2757

Contoh : SALDO 12000077773

Setelah anda mengirim pesan tersebut silahkan tunggu, maka anda akan mendapat balasan sms yang berisi tentang informasi jumlah saldo anda yang terakhir.

Selamat mencoba…

 

 

 

Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *