Home Pinjaman Bunga KPR Syariah Kisaran Berapa Persen?? Update 2018

Bunga KPR Syariah Kisaran Berapa Persen?? Update 2018

4 min read
0
Bunga KPR Syariah Kisaran Berapa Persen?? Update

Banyak dari kita beranggapan ketika akan membeli rumah di bank syariah kita tidak mendapat bunga KPR syariah sama sekali, namun pada kenyataannya kita tetap mendapatkan bunga tersebut hanya saja perhitungannya berbeda dengan KPR di bank konvensional.

Prinsip dari bank syariah dan juga bank konvensional berbeda yaitu jika kita melakukan KPR syariah tentu saja kita melakukan pinjaman tersebut di bank syariah dengan menggunakan prinsip-prinsip Islam di dalamnya sehingga kita terhindar dari yang namanya hutang riba.

Advertisements

Biasanya kita sebagai konsumen mencari rumah yang kita inginkan setelah menemukan rumah tersebut kita berkonsultasi dengan pihak bank syariah.

Jika pihak bank menyetujuinya maka mereka akan membeli rumah tersebut terlebih dahulu dan menjualnya kembali kepada kita.

Bunga KPR Syariah Dibuat Berdasarkan Kesepakatan

Sehingga yang dikreditkan oleh bank syariah ini bukan uang melainkan barang yaitu dalam bentuk rumah.

  • Biasanya pihak bank menjual rumah tersebut dengan harga yang sudah diberi margin atau bunga KPR syriah untuk mereka.
  • Enaknya lagi pemberian margin untuk rumah tadi bisa disepakati oleh kedua belah pihak yaitu pihak bank syariah dan kita sebagai konsumen.
  • Prinsip tersebut tidak dikenal dengan hutang riba karena pada dasarnya prinsip yang diberikan oleh pihak bank merupakan prinsip jual beli atau yang lebih dikenal dengan nama Akad Murabahah. Maka dari itu untuk melakukan transaksi KPR syariah ini sangat diperlukan yang namanya transparansi antara kedua belah pihak sehingga sama-sama mengguntungkan.

Bunga yang ditetapkan oleh bank syariah juga terbilang tetap tidak dipengaruhi oleh bunga yang ada di pasaran.

Advertisements

Sehingga jumlah bunga yang ditetapkan dari awal sampai akhir perjanjian jual beli tadi jumlahnya sama hal ini berbeda dengan KPR konvensional yang bunga dari KPR tersebut selalu disesuaikan dengan suku bunga yang ada di pasaran, ketika naik maka bunga ikut naik dan seterusnya.

Kisaran bunga untuk bank syariah sebenarnya tergantung kesepakatan yang dilakukan serta jangka waktu pelunasan.

Akan tetapi pihak bank syariah biasanya memberikan bunga ringan untuk dua tahun pertama kemudian naik beberapa persen setelah dua tahun pertama tadi.

Sebagai contohnya rata-rata bunga yang diberikan oleh bank syariah yaitu sebesar 8% untuk tahun pertama dan kedua masa cicilan.

Kemudian bunga akan naik yaitu sekitar 12% untuk tahun berikutnya sampai cicilan tersebut. Untuk besaran bunga tadi tentunya tetap untuk jangka waktu yang telah ditentukan misal 1-2 tahun pertama dan seterusnya.

Banyak yang mengatakan bahwa kredit dengan sistem syariah ini mengguntungkan jawabannya tidak selalu iya.

Hal ini  karena jika suku bunga sedang tinggi dan bunga pinjaman dari bank syariah atau bunga KPR syariah sedang rendah maka kalian akan mendapatkan keuntungan dan begitu pula sebaliknya.

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In Pinjaman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *