Home BPJS Besarnya Tagihan Atau Iuran Bpjs Kesehatan

Besarnya Tagihan Atau Iuran Bpjs Kesehatan

3 min read
0
Besarnya Tagihan Atau Iuran Bpjs Kesehatan

Bpjs kesehatan ialah salah satu badan hukum yang di bentuk untuk melayani masyarakat di bidang pembiayaan kesehatan. Bpjs kesehatan mulai berdiri pada awal januari tahun 2014 yang sebelumnya adalah program ASKES.

Pada tanggal 1 januari 2019 semua warga indonesia wajib menjadi peserta Bpjs kesehatan tanpa terkecuali, apabila ada yang belum terdaftar maka pemerintah akan memberikan saksi yaitu tidak bisa menggunakan layanan publik seperti mengurus KTP, mengurus SIM, mengurus KK, mengurus paspor dan layanan pemerintah lainnya.

Advertisements

Ada 2 golongan macam jenis peserta Bpjs  yaitu peserta Bpjs Mandiri dan PBI. keduanya mempunyai hak yang sama, ada perbedaan terletak pada sistem pembayaran atau iuran. Apabila PBI iuran tiap bulannya di tanggung oleh pemerintah melalui Dinas sosial, sedangkan peserta Bpjs Mandiri harus membayar iuran setiap bulannya.

Besaran iuran Bpjs kesehatan yang harus di bayarkan ialah sesuai dengan kelas yang di pilih, tingkatan tersebut mengacu pada fasilitas kesehatan yang akan di peroleh nantinya. Berikut tingkatan elas anggota Bpjs dan iuran yang harus di bayarkan setiap bulannya:

Advertisements

Kelas 1 : Iuran yang harus di bayarkan sebesar Rp 80.000,-

Kelas 2:  Iuran yang harus di bayarkan sebesar Rp 51.000,-

Kelas 3:  Iuran yang harus di bayarkan sebesar Rp 25.500,-

Perbedaan kelas tersebut terletak pada kamarnya saja pada saat rawat inap,sedangkan untuk obat obatan yang di berikan kepada pasien tetap sama saja tidak ada perbedaan.

Pada dasarnya iuran Bpjs kesehatan ini bersifat gotong royong. Iuran yang kita bayarkan setiap bulannya akan di gunakan untuk membiayai peserta lain yang sedang sakit, begitu pula sebaliknya apabila kita sedang membutuhkan ( sedang sakit) kita akan menggunakan iuran yang dari peserta lain.

Bayarlah iuran tepat waktu sesuai jatuh tempo yang telah di sepakati. Apabila terjadi penunggakan maka kartu Bpjs yang anda miliki akan di blokir atau tidak bisa anda gunakan lagi pada saat berobat. Dan harus mengaktifkan kembali jika ingin anda gunakan dengan cara membayar seluruh tunggakan.

Pembayaran iuran tidak harus di kantor Bpjs, pembayaran iuran bisa di lakukan melalui kantor pos, Indomart, atau melalui Alfamart,

Berikut yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi saudara semua…

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *