Home BPJS Berbagi Pengalaman Pribadi Cara Mengaktifkan Bpjs Yang Telat Bayar

Berbagi Pengalaman Pribadi Cara Mengaktifkan Bpjs Yang Telat Bayar

3 min read
0
Berbagi Pengalaman Pribadi Cara Mengaktifkan Bpjs Yang Telat Bayar

Setiap peserta Bpjs kesehatan pasti akan di beri kartu peserta, kartu ini akan berfungsi sebagai tanda pengenal sebagai bukti bahwa anda sudah menjadi peserta Bpjs kesehatan selain itu kartu ini wajib di bawa pada saat berobat. Di dalam kartu peserta Bpjs kesehatan ini tertera Nama lengkap, nomor Ktp, tanggal lahir, dan nama faskes 1 yang di tuju untuk berobat.

Apabila anda sudah terdaftar sebagai peserta Bpjs kesehatan tentunya ada hak yang harus anda peroleh sebagai peserta, hak tersebut tak lain adalah layanan kesehatan yang telah di atur dan di sepakati bersama.

Advertisements

Selain memperoleh hak pelayanan kesehatan ada juga kewajiban yang harus di penuhi oleh setiap peserta Bpjs kesehatan, kewajiban yang di maksud ialah ketaatan dalam membayar iuran untuk setiap bulannya.

Besarnya iuran setiap bulannya tidak sama berdasarkan kelas yang di pilih, untuk kelas 1 iuran yang harus di bayar setiap bulannya sebesar Rp 80 ribu, kelas 2 sebesar Rp 51 ribu, sedangkan kelas 3 sebesar  Rp 25.500 setiap bulannya.

Sudahkah tertib anda membayar iuran BPJS kesehatan???

Advertisements

Bagi peserta Bpjs kesehatan perhatikan betul jatuh tempo pembyaran iuran Bpjs kesehatan setiap bulannya, karena apabila anda telat membayar tentunya anda akan di kenakan sanksi. Baik Sanksi secara administrasi maupun sanksi penonaktifan status keanggotaan anda, jadi anda tidak bisa berobat menggunakan kartu Bpjs kesehatan lagi.

Bagaimana caranya agar kartu peserta Bpjs kesehatan bisa di gunakan kembali??

Agar kartu Bpjs kesehatan bisa di aktifkan kembali dengan cara anda harus melunasi semua tunggakan iuran bulanan. Untuk mengetahui seberapa besar tunggakan yang harus anda bayar caranya mudah, seperti apa caranya silahkan simak penjelasan di bawah ini:

  1. Anda bisa melihat melalui aplikasi yang telah di sediakan oleh Bpjs kesehatan aplikasi tersebut bernama Bpjs cheking.
  2. Anda bisa mendatangi kantor Bpjs kesehatan terdekat.
  3. Anda bisa mendatangi Alfamart atau Indomart terdekat dengan anda, anda cukup datang ke kasir dan bilang saja kalau ingin membayar iuran Bpjs kesehatan.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, selamat mencoba

 

 

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *