Home BPJS Berbagi Pengalaman Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan 100% Cair

Berbagi Pengalaman Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan 100% Cair

3 min read
0
Berbagi Pengalaman Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan 100% Cair

Apabila anda baru saja Resign atau mengundurkan diri dari perusahaan, ataupun baru saja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), maka anda berhak mendapatkan dana segar yang selama ini tersimpan di Bpjs kesehatan. Dengan satu catatan selama anda menjadi karyawan oleh perusahaan nama anda di daftarkan menjadi peserta Bpjs ketenagakerjaan atau dulu di kenal dengan sebutan Jamsostek.

Dana ini sudah sah milik anda karena berasal dari upah kerja yang anda jalankan selama ini. Apabila anda teliti slip gaji bulanan, pasti akan ada potongan sebesar 5,7% dari total upah bulanan untuk pembayaran iuran Bpjs ketenagakerjaan. Setiap pekerja dan perusahaan akan berbagi beban iuran, yaitu 2 % di tanggung oleh pekerja dan 3,7% di tanggung oleh perusahaan.

Advertisements

Disini saya akan Berbagi Pengalaman Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan 100% Cair, Bagaimana caranya?? silahkan simak uraian di bawah ini

Ada beberapa dokumen yang harus di lengkapi saat akan mencairkan saldo Bpjs ketenagakerjaan antara lain:

Advertisements
  1. Kartu Bpjs ketenagakerjaan atau jamsostek.
  2. E-ktp apabila anda belum mempunyai E-ktp maka anda harus melampirkan surat keterangan dari Dukcapil yang menerangkan bahwa E-ktp masih dalam proses.
  3. KK.
  4. Akte kelahiran.
  5. Buku rekening.
  6. Formulir klaim ( F5 ).
  7. Surat Referensi kerja atau Paklaring ( apabila anda mengundurkan diri )
  8. Akte penetapan PHK ( apabila anda kena pemutusan hubungan kerja )

Berikut cara pencairan saldo Bpjs ketenagakerjaan:

  • Silahkan lengkapi semua berkas yang di butuhkan.
  • Kemudian silahkan datang ke kantor Bpjs ketenagakerjaan terdekat, biasanya antrian panjang dikarenakan saing banyaknya pengunjung.
  • Isi daftar kunjungan, kemudian mintalah formulir F5 silahkan isi dengan benar dan lengkap.
  • Tunggu dengan sabar hingga nomor antrian anda di panggil, apabila berkas pengajuan anda di nyatakan lengkap, maka anda akan di beritahu kapan saldo Bpjs ketenagakerjaan akan di transfer ke rekening anda.

Sebenarnya pencairan saldo Bpjs ketenagakerjaan bisa di lakukan di seluruh kantor Bpjs ketenagakerjaan di Indonesia, asalkan persyaratan lengkap tetap bisa di cairkan. namun alangkah baiknya pencairan saldo di lakukan di kantor Bpjs ketenagakerjaan yang dekat dengan rumah, hal ini di maksud bila ada dokumen yang kurang lengkap maka mudah untuk melengkapinya.

Berikut yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi Saudara….

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *