Home BPJS Begini Cara Mudah Mengetahui Tunggakan Iuran Bpjs Kesehatan Untuk Keluarga

Begini Cara Mudah Mengetahui Tunggakan Iuran Bpjs Kesehatan Untuk Keluarga

3 min read
0
Begini Cara Mudah Mengetahui Tunggakan Iuran Bpjs Kesehatan Untuk Keluarga

Apabila anda sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan hendaknya anda tahu seperti apa hak yang harus anda terima dan kewajiban apa yang harus anda lakukan.

Dimana hak yang harus di terima oleh setiap peserta BPJS kesehatan tidak lain adalah setiap peserta BPJS berhak mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Advertisements

Selain menuntut hak sebagai Peserta BPJS kesehatan, setiap peserta BPJS kesehatan di wajibkan membayar iuran di setiap bulannya. Besarnya iuran yang di bayarkan tergantung kelas atau golongan yang di pilih pada saat pendaftaran ada kelas 1, kelas 2, dan kelas 3.

Bayar dengan tepat waktu setiap bulannya, besarnya iuran BPJS kesehatan yang harus di bayar setiap peserta antara lain untuk kelas 1 sebesar Rp 80 ribu, kelas 2 sebesar Rp 51 ribu dan kelas 3 sebesar Rp 25,500 ribu. Silahkan bayar iuran tersebut dengan tepat waktu, karena apabila anda telat membayar iuran di setiap bulannya maka kartu BPJS kesehatan yang anda pegang akan di non aktifkan.

Apabila kartu BPJS kesehatan anda di nonaktifkan maka kartu tersebut tidak bisa di gunakan untuk berobat. Agar kartu tersebut bisa di gunakan kembali anda harus melunasi semua iuran atau tunggakan.

Advertisements

Untuk mengetahui berapa besar tunggakan yang harus di bayarkan anda bisa menggunakan aplikasi BPJS cheking ( aplikasi yang di buat oleh BPJS kesehatan untuk memudahkan para peserta). cara menggunakannya adalah:

  1. Silahkan Download aplikasi kemudian instal di hp anda.
  2. Silahkan daftar dengan memasukkan nomor peserta, tanggal lahir dan nomor validasi.
  3. Apabila pendaftaran sudah berhasil kemudian pilih cek pada menu utama.
  4. Maka sistem pada aplikasi akan menampilkan berapa besarnya tunggakan atau tanggungan yang harus anda bayar.

Selain cara di atas ada cara yang paling mudah untuk mengecek berapa besar tunggakan yang harus di bayar, yaitu dengan cara mendatangi Indomart atau Alfamart. Caranya mudah anda cukup bilang saja kalau mau bayar iuran BPJS kesehatan ke kasir, dengan menyebut nomor peserta maka petugas kasir akan memberitahu berapa besar iuran yang harus di bayar..

Demikian yang bisa sampaikan semoga bermanfaat!!!

 

 

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *