Home BPJS Begini Cara Mudah Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Begini Cara Mudah Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak Berdasarkan Pengalaman Pribadi

4 min read
0
Begini Cara Mudah Cek Bpjs Ketenagakerjaan Aktif Atau Tidak Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Pada kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara yang mudah cek Bpjs ketenagakerjaan/Jamsostek apakah masih aktif atau sudah tidak aktif sebelum pencairan Saldo. Kenapa kita harus tahu status Jamsostek kita?? Ya.. Hal ini sangat penting, karena salah satu syarat utama pencairan saldo Jamsostek ialah status kepesertaan Jamsostek sudah non aktif minimal satu bulan.

Sebenarnya status kepesertaan Bpjs ketenagakerjaan sudah otomatis non aktif ketika si karyawan sudah lagi tidak bekerja, maka ketika itu perusahaan tidak lagi membayarkan iuran atas nama karyawan tersebut. Namun di beberapa kasus, ada juga peserta yang status kepesertaannya masih aktif padahal peserta tersebut sudah lama Resign dari perusahaan. Sehingga saldo Bpjs ketenagakerjaan tidak bisa cair.

Advertisements

Nah.. apabila anda mempunyai niatan untuk mencairkan saldo Bpjs ketenagakerjaan, ada baiknya jika cek terlebih dahulu untuk memastikan apakah status kepsertaan sudah non aktif atau masih aktif. Untuk mengecek tidak sulit kok, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Ada beberapa metode untuk mengecek status kepesertaan Bpjs ketenagakerjaan, bisa dengan cara langsung mendatangi kantor Bpjs Tk, melalui website Bpjs ketenagakerjaan, Melalui aplikasi BPJSTK mobile, dan juga bisa dengan cara layanan sms 2757  . Nah dengan cara layanan sms 2757 inilah yang saya anggap paling mudah dan praktis karena bisa kita lakukan cukup dengan sms.

Advertisements

Cara cek status Bpjs ketenagakerjaan melalui layanan sms 2757:

Silahkan daftarkan nomor handphone dan nomor peserta Bpjs ketenagakerjaan anda terlebih dahulu. Hal hal yang perlu disiapkan dalam pendaftaran ialah Ktp elektronik dan pulsa secukupnya, karena pada saat pendaftaran akan di kenakan tarif Rp 165 per sms. Untuk format pendaftaran sebagai berikut :

DAFTAR spasi SALDO#NO.KTP#NAMA PESERTA#TGL LAHIR (DD-MM-YYYY) #NO.KARTU BPJS TK/JAMSOSTEK#Email(jika ada)

Kemudian kirim ke 2757

Pastikan nomor Ktp, Nama peserta, tanggal lahir, dan nomor peserta sudah benar, untuk penulisan huruf dengan menggunakan huruf besar. Jika anda tidak mempunyai alamat email tidak di isi tidak apa-apa.

Apabila pendaftaran sudah berhasil, maka kita bisa melakukan pengecekan status kepesertaan melelui layanan sms 2757. Format smsnya adalah sebagai berikut :

STATUS(spasi)TK#NO. PESERTA
kemudian kirim ke 2757.
Berikut yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi saudara…

 

 

Advertisements
Load More Related Articles
Load More In BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *